Jumat, 29 Juni 2012


PUTRI MALU
(Mimosa pudica)
1.     GAMBAR



2.     KLASIFIKASI

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
 Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae 
Genus:Mimosa
Spesies: Mimosa pudica 


3.  DESKRIPSI
Habitus            : Perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal        karena  daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup
Habitat       : Di Tanaman putri malu biasanya tumbuh diatas tanah yang lapang baik itu diladang, diperkebunan, diperkarangan rumah dan pada tempat yang lainnya disekitar.
Batang            : Batang dengan rambut sikat yang mengarah miring ke bawah dan duri temple    bengkok yang tersebar
Daun          Daun penumpu bentuk lanset, panjang 1cm. Daun pada  sentuhan melipatkan diri, menyirip rangkap. Sirip 5-26 pasang. Kerap kali warna tepi ungu , berumbai, 6-16 kali 1-3mm. bongkol memanjang panjang 1 cm, 2,4 menjadi satu
Bunga       : Bunganya bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai. tidak mempunya mahkota atau kelopak bunga yang besar seperti bunga-bunga yang lain. Akan tetapi kelopak bunga putrid malu bentuknya sangat kecil dan bergigi empat seperti selaput putih. Tabung mahkotanya juga berukuran sangat kecil, bertaju empat seperti selaput putih.
Buah            : Buah putri malu berbetuk polong, pipih seperti garis dan berukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan buah-buah tumbuhan lainnya.
Biji                 : Sama halnya seperti buah, tanaman putri malu juga memiliki biji, yang berukuran kecil dan bulat,berbentuk pipih . putri malu termasuk kedalam tumbuhan yang berbiji tertutup (Angiospermae) dan berkembangbiak dengan biji.
Akar          : Mempunyai akar pena yang sangat kuat berbeda dengan akar-akar tanaman-tanaman lainnya, jika kita cabut langsung terangkat seluruh akar-akarnya.  Akan tetapi lain halnya dengan akar tanaman putri malu, untuk mencabuti nya kita memerlukan suatu alat-alat yang khusus agar semua akar-akarnya teracabut.

4.  MANFAAT
-       Susah Tidur (Insomnia).
-       Bronchitis Kronik
-       Hepatitis
-       Batuk berdahak
-       Rematik
-       Radang mata akut
-       Kencing batu
-       Panas tinggi pada anak-anak dan
-       Herpes
-        
5.  KANDUNGAN:
-       Tamin
-       Mimosin dan
-       Asam pipekolinat


DAFTAR PUSTAKA

Steenis, CGGJ Van. 2005. Flora Untuk Sekolah di Indonesia. Jakarta: PT Pradnya Paramita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar